Category: science

Israel vs Palestina: Siapa yang Benar?

Ibarat kakak-beradik yang berantem, saat ini ada dua bangsa yang lagi rebut-rebutan. Iya, mereka adalah Israel dan Palestina. Tapi, bukannya ngerebutin mobil-mobilan, mereka ngerebutin sesuatu yang lebih besar: sebuah wilayah di timur tengah. Banyak pihak …

Seberapa Besar Kapasitas Penyimpanan Otak Kita?

Tiap kali dikejar deadline ngumpulin tugas, kita pasti sering panik mindahin file dari laptop ke flashdisk. Daaan udah jadi misteri alam semesta, kalau lagi buru-buru, pasti ada aja masalah yang dateng tiba-tiba. Akhirnya, biar muat, …

Kenapa Orang Bule Tinggi-Tinggi?

Jalan-jalan ke tempat wisata, pasti nggak jarang ketemu turis asing. Dan biasanya, penampilan mereka berhasil nyuri perhatian kita. Bukan karena gaya bajunya, tapi karena tingginya yang menjulang. Saking tingginya dia, kita sampai harus ngedongak biar …

Benarkah Kalau Merinding Berarti Ada Hantu?

Tiap kali lagi nonton film horror atau jalan-jalan sendiran waktu gelap, bulu kuduk kita suka tiba-tiba berdiri. Ya, perasaan takut dan hawa dingin itu emang suka bikin kita jadi merinding. Makanya enggak heran, kalau banyak …

Apa Jadinya Jika Laut Kering?

Selagi nyeruput minum pas lagi di pinggir laut, kita mungkin sering kebayang kalo laut itu begiiitu luas. Planet biru ini 70%-nya air, dan sebagian besarnya air laut. Dan kalo nanya ke google seberapa banyaknya, hasilnya …

Gimana Cara Obat Ngancurin Penyakit?

Selain kopi, ada hal lain lagi yang terkenal karena pahitnya. Bukan, bukan fakta pahit kehidupan yang gini-gini aja, tapiii: obat~ Ya, ibarat mendaki gunung, meski kita tau di puncak sana penuh kebahagiaan, tetep aja ngga …

Kenapa Lebih Susah Ingat Nama daripada Muka?

Rasanya kita semua pasti pernah ngalamin, lagi jalan-jalan terus tiba-tiba ada yang manggil. Pas kita nengok, ternyata itu temen lama — kita inget mukanya, tapiiiā€¦ lupa namanya~ Kalau udah kayak gini, rasanya otak jadi kerja …

Bisakah Kita Teleportasi dengan Wormhole?

Tiap lagi menghayal siang-siang, kita pasti sering ngebayangin pergi ke suatu tempat pake teleportasi kayak di film-film fiksi ilmiah. Bayangin aja, dengan sekejap mata, kita yang berada di galaksi bimasakti tiba-tiba bisa berpindah ke galaksi …